Pahlawan tanpa tanda jasa merupakan julukan bagi guru karena
perannya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh generasi muda. Guru
dituntut untuk mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang dipunyai oleh
murid. Peran guru dalam pendidikan ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia.
Namun, pertanyaannya adalah sejauh mana peran guru dalam sistem pendidikan kita
agar mampu mengembangkan potensi murid? Guru dalam kelas mempunyai tugas untuk
menjadi pengajar yaitu memberikan materi kepada murid. Sebagai pengajar, guru
hanya berfokus kepada materinya saja agar mampu dipahami oleh murid. Guru hanya
mambuat penilaian terhadap murid berdasarkan apa yang tertulis di lembar
jawaban soal ujian murid. Selain sebagai pengajar, guru juga mempunyai peran
sebagai pendidik untuk mengembangkan potensi murid.
Guru sebagai pendidik harus membentuk karakter murid agar
berkepribadian baik. Selain itu, guru juga harus mengembangkan ketiga
kecerdasan yang dimiliki manusia yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual. Sekarang ini, guru hanya berfokus pada satu
kecerdasan saja yaitu kecerdasan intelektual. Akibatnya, murid hanya dituntut
untuk memahami materi dan memiliki nilai yang baik tanpa memperhatikan
perkembangan spiritual dan emosional. Padahal hakikat pendidikan adalah
bagaimana mengembangkan ketiga kecerdasan tersebut. Hal ini senada dengan
tujuan pendidikan menurut Tan Malaka yaitu untuk mencerdaskan pikiran, meneguhkan
tekad dan memperhalus hati.
Guru juga sering memposisikan dirinya sebagai orang yang paling
tahu dan memposisikan murid sebagai orang yang belum tahu apa-apa. Akibatnya
adalah tidak maunya guru untuk terus belajar dan mengembangkan ilmunya. Padahal
KH. Dahlan pernah berpesan jadilah guru sekaligus murid. Melalui pendidikan,
peran guru dalam menyiapkan generasi muda bangsa sangatlah besar. Sehingga
kedepan, guru tidak boleh main-main dalam menyiapkan generasi muda untuk
memperbaiki kondisi bangsa yang sedang carut marut ini.
Oleh : Ibnu
Imam D.
0 komentar:
Posting Komentar